Laman

Kunci Sukses dalam Meraih Karir Impian


Kunci Sukses dalam Meraih Karir Impian. Mencari pekerjaan memang sulit, namun lebih sulit lagi untuk mempertahankannya. Setiap orang pasti memiliki saran masing-masing dalam dunia kerja, dan hal tersebut diperoleh berdasarkan pengalaman. Namun ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan untuk mempertahankan pekerjaan Anda.



Beberapa hal standar yang jelas-jelas 'haram' dilakukan seperti; merayu atasan atau rekan kerja dengan bersikap genit, mencari pekerjaan lain menggunakan komputer kantor, melawan atasan dengan alasan Anda merasa lebih benar, dan masih banyak lagi. Namun apakah hal ini akan membuat Anda dipecat? Dari sekian banyak hal yang pantang dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan kerja, ada dua hal penting yang harus dihindari.



Media Sosial

Jangan pernah melakukan sesuatu yang bisa memanaskan keadaan. Beberapa dari kita mungkin rutin mengupdate status facebook, twitter, atau sekedar menonton video tentang kucing lucu di Youtube. Namun lupakah Anda jika kantor memiliki sistem IT yang bisa melacak seluruh gerakan online Anda?



Begitu pula dengan posting foto saat Anda party dengan teman-teman. Lakukan di rumah tapi jangan sesekali di kantor. Nge-tweet betapa bosannya Anda saat sedang bekerja atau istirahat juga bukan ide yang bagus. Keleluasaan pribadi (privacy) rekan kerja tetap harus dijaga.



Pertemanan

Jangan sampai Anda tidak berteman dengan rekan kerja. Anda mungkin memiliki prinsip "Saya di sini untuk kerja, bukan untuk cari teman". Hal itu sah saja, namun atasan bisa melihat Anda sebagai pekerja yang tidak bisa bersosialisasi, dimana hal ini diperlukan untuk pertimbangan promosi ke level yang lebih tinggi, seperti dikutip dari sheknows.



Bayangkan bagaimana Anda bisa menjadi manajer yang mengelola orang lain, sedangkan Anda sendiri tidak bisa menjalin hubungan baik dengan rekan kerja lain. Banyak perusahaan mengalami manajemen yang buruk karena mengangkat orang-orang seperti ini sebagai manajer.



Menurut portal karir BNET, kompetisi memang tak terelakkan dalam meraih jenjang karir yang lebih tinggi. Banyak kasus 'si penjilat atasan' justru lebih cepat naik posisi ketimbang mereka yang pandai namun tak bisa 'mencuri hati' atasan maupun rekan kerja lainnya.



Jalan terbaik adalah tetap tunjukkan potensi diri dengan prestasi, tetap jalin pertemanan dalam konteks yang tidak berlebihan, hindari membicarakan hal buruk tentang staf lain meskipun Anda sudah merasa akrab, dan luaskan network Anda di luar kantor.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...