Laman

Pesawat Terbesar Di Dunia



Adalah sebuah pesawat dengan nama ANtonov An-225 Mriya, sebuah pesawat berbadan bongsor menjadi pesawat terbesar di dunia saat ini. sampai saat ini oktober 2011, belum ada lagi pesawat yang bisa mengalahkan kemegahannya. Mriya sendiri dalam bahasa Ukraina adalah "Inspirasi", kisah awal perjalanan pesawat ini bisa dibilang sangat menyedihkan "mungkin klo dibikin film bagus juga ya"..

Antonov An-225 Mriya adalah pesawat Kargo milik Ukraina, Menurut Informasi yang yafi blog dapatkan, dulu saat pertama kali diciptakan pesawat ini bukanlah pesawat kargo, lebih terhormat lagi ia dulunya adalah pesawat pengangkut pesawat ruang angkasa Buran, namun kejayaan itu seketika lenyap setelah jeda waktu 1989-1991 Uni Soviet Runtuh dan pecah berkeping-keping menjadi 18 negara, salah satunya Ukraina, tempat proyek ruang angkasa Buran dilakukan.




Antonov Mriya saat menjalankan tugasnya dahulu

Tak ada lagi Soviet, tak ada lagi kejayaan, tak ada lagi pendanaan, "Sang Inspirasi" terdiam, sunyi di sebuah hanggar pesawat rongsokan. lebih parah lagi beberapa komponen pesawat dicuri entah siapa pelakunya, si Mriya itupun hampir kehilangan spiritnya dan selama hampir 12 tahun akhirnya asa itu hadir juga.

2001, ketika pemerintah sangat memerlukan sebuah pesawat angkut dengan daya angkut sangat besar pun teringat sang legendaris. Semua upaya untuk membangkitkan si "Inspirasi"pun dilakukan dan Mei 2001, izin operasi untuk An-225 pun dikeluarkan.

Sebuah misi baru untuk pertama kalinya sebagai pesawat kargo dilakukan, terbang dari Stuttgard, Jerman, menuju Thumrait, Oman, pada Januari 2002. Dalam misi pertamanya, tak kurang uang membawa makanan seberat 187,5 ton untuk pasukan militer Amerika Serikat di Timur Tengah. Sukses menjalankan operasi terbang pertamanya An-225. Antusiasme semua orang mengawali langkah barunya.

Sampai saat ini pesawat ini terus beroprasi, kini upaya untuk membangun pasangannyapun dilakukan agar sang Isnpirasi tak lagi kesepian dan taukahkamu pesawat ini pernah mendarat di LANUD Iswahyudi Magetan untuk membawa 4 pesawat Sukhoi pesanan Indonesia dari Russia 2008 lalu, klo yafi blog pikir kira-kira landasan pesawat Iswahyudi cukup ga ya buat pesawat segede ini.. hehe..

Berikut sekilas tentang Antonov Mriya

Fungsi Utama : Pesawat Kargo
Perusahaan : Antonov
Jumlah kru : 6 orang

Dimensi
Panjang : 84 Meter (dari moncong hingga ekor)
Bentang sayap : 88,4 Meter (Lebih panjang dari panjang badannya)
Tinggi : 18,2 meter
Berat kosong : 250,5 Ton
Berat Maximum yang bisa dianggkut : 600 Ton

Kemampuan
Kecepatan Maksimal : 850km/jam
Daya Jelajah : 15,400km (per sekali isi bahan bakar)

Dibawah ini adalah galeri foto-fotonya














isi dalemnya













Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...