Laman

10 Konsol Game Terpopuler Sepanjang Masa

Cikal bakal konsol video game dimulai sekitar tahun 1970-an. Sejak saat itu, teknologi konsol game semakin canggih seperti yang bisa disaksikan sekarang, di mana bisa memainkan game dengan definisi sangat tinggi.

Beberapa konsol game dianggap revolusioner dan meletakkan tonggak bersejarah bagi generasi konsol selanjutnya. Konsol game ini pun digandrungi pada zamannya.

Berikut 10 konsol game yang dianggap bersejarah

1.Sega Dreamcast

Sega Dreamcast debut pada tahun 1998. Pada awalnya, game ini cukup sukses di pasaran dan mengalahkan penjualan Nintendo 64. Konsol ini juga memiliki game solid seperti Soul Calibur dan Resident Evil.

Namun kemudian, performa Dreamcast mulai tenggelam setelah kehadiran Playstation 2. Namun Dreamcast tetap dikenang sebagai salah satu pionir konsol video game yang mumpuni pada zamannya.

2.Nintendo 64

Nintendo 64 menghadirkan beberapa inovasi di zamannya. Memang konsol game ini tidak begitu kuat di sektor grafis, namun diakali dengan tampilan kartun menarik. Dan malah membuat karakter dan dunianya memiliki keunikan tersendiri.

Nintendo 64 juga memiliki cukup banyak game bagus yang menjadi pionir generasi game selanjutnya. Seperti Legend of Zelda: Ocarina of Time, Super Mario 64, GoldenEye 64, Super Smash Bros, dan Wave Race 64

3.Sega Genesis

Ketika pertama kali dirilis, Sega Genesis kurang begitu sukses dan hanya terjual di kisaran ratusan ribu unit. Meski sejatinya konsol ini lebih baik secara teknis dibanding Nintendo Entertainment System yang ketika itu menjadi rivalnya.

Namun berkat upaya promosi yang lebih baik, Genesis akhirnya mulai mendapat perhatian luas dan mendapat dukungan game cukup banyak. Saat ini, banyak kolektor game memburu Genesis.

4.Nintendo Wii

Nintendo Wii menghadirkan cara bermain revolusioner ketika diluncurkan.Yaitu dengan kontroler gerak yang membuat permainan game lebih menyenangkan. Meski hardwarenya tidak sekuat Xbox atau Playstation 3, Nintendo Wii tetap menuai popularitas menjulang.

Karena dimainkan dengan gerakan dinamis, Wii kadang juga dipakai untuk terapi para pasien. Juga untuk kegiatan olahraga di sekolah. Sayangnya saat ini, popularitas Wii perlahan meredup.

5.Playstation

Playstation termasuk konsol game paling sukses sepanjang masa. Generasi pertama ini mencapai penjualan sekitar 100 juta unit dan menjadi pioner teknologi game yang pengaruhnya masih terasa sampai sekarang.

Misalnya saja kemampuan membaca piringan disk dan kontroler DualShock yang masih dipakai sampai sekarang. Game-gamenya pun terhitung mantap seperti Metal Gear Solid, Tony Hawk's Pro Skater, Grand Turismo 2, Resident Evil 2, dan Final Fantasy VII.

6.SNES

Super Nintendo Entertainment System atau SNES ini memang sangat sukses pada eranya. Konsol ini juga menjadi pionir penggunaan kontroller dengan empat buah tombol yang sekarang seolah sudah menjadi standar.

Sampai sekarang pun, konsol ini masih cukup banyak dimainkan. Pertanda konsol game ini memang dicintai dan menjadi salah satu yang terhebat.

7.Xbox 360

Xbox 360 adalah konsol game generasi modern yang punya kapabilitas canggih. Untuk para gamer hardcore, Xbox 360 akan memuaskan mereka. Kemampuan hardware dan konektivitas onlinenya pun berada di kategori kelas atas.

Gamer bisa mendownload game atau stream video, dan bermain di Xbox Live. Saat ini, konsol besutan Microsoft tersebut tetap diminati oleh para pecinta game. Terlebih dengan game hebat seperti Gears of War, Mass Effect 2, BioShock, Halo 3, dan Call of Duty: Modern Warfare.

8.Atari 2600

Atari 2600 boleh dibilang sebagai nenek moyangnya konsol video game. Diluncurkan pertama kali tahun 1978, konsol ini menjadi pondasi konsol game modern yang kemudian berdatangan sesudah zamannya.

Dengan game seperti Pitfall dan Pac Man, Atari 2600 melakukan langkah pertama dalam industri video game yang sudah berkembang pesat seperti yang kita kenal sekarang. Dari sisi desain pun, konsol game ini digarap dengan baik.

9.PlayStation 2

Playstation 2 adalah konsol game dengan penjualan terbanyak sepanjang masa. Playstation 2 masih diminati hingga detik ini, yang membuat jangka waktu produksinya paling panjang di antara para pesaing.

Kala diluncurkan, tidak ada pesaing yang secara teknis dan kemampuan grafis setara dengan Playstation 2. Bersanding dengan Playstation generasi pertama, Playstation 2 punya tempat tersendiri di hati para gamer.

10.Nintendo Entertainment System

Nintendo meluncurkan NES di Jepang pada tahun 1983. Versi pertamanya sempat tidak cukup memuaskan, dan Nintendo memperbaikinya dari sisi desain dan kontroler. Jadilah NES menjadi perangkat revolusioner.

Konsol ini pun memulai era baru video game, misalnya meletakkan standar bisnis di mana pihak ketiga bisa memproduksi software di platform Nintendo. Konsol game yang laris pada eranya ini dinobatkan sebagai konsol game terhebat dalam sejarah oleh situs teknologi terkemuka, IGN.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...