Laman

10 Mall Terbesar di Dunia


Mall Terbesar di Dunia. Pusat perbelanjaan atau mal besar merupakan salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa mal di dunia memiliki sejumlah fasilitas wah seperti arena bowling, ice skating bahkan taman hiburan. Seperti dikutip dari Tip Top Tens, ini dia 10 mal terbesar di dunia yang 8 di antaranya berada di kawasan Asia.



1. New South China Mall



Terletak di Dongguan, China dengan luas 660.000 meter persegi. Mal tersebut memiliki tujuh zona yang meniru kota internasional termasuk replika Arc de Triomphe dan sebuah kanal dengan gondola. Di dalamnya juga terdapat roller coaster indoor-outdoor. Sayangnya, sebagian besar ruang ritel di mal ini masih kosong.



2. Golden Resources Shopping Mall, China



Mal yang terletak di China dan sudah beroperasi sejak 2004 itu memiliki 1.000 toko. Sayangnya, harga barang-barang yang dijual di mal itu terbilang mahal dan jauh melampaui kemampuan beli warga China pada umumnya. Pusat perbelanjaan ini juga tidak dapat diakses oleh konsumen asing karena lokasinya berada di luar kota Beijing.



3. SM Mall of Asia, Filipina



Dibuka sejak 2006, mal ini terdiri dari empat bangunan yang dihubungkan oleh jalan setapak. Di dalamnya juga dilengkapi kolam renang dan teater IMAX dengan salah satu layar 3D terbesar di dunia.



4. Cevahir Mall Istanbul



Terletak di Istanbul, Turki, pusat perbelanjaan dan hiburan ini dibuka pada 2005. Mal ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Eropa, dan masuk dalam enam mal terbesar di dunia. Ada sekitar 343 toko, 34 restoran makanan cepat saji dan 14 restoran eksklusif. Di dalamnya juga terdapat fasilitas hiburan seperti 12 bioskop, arena bowling, dan roller coaster.



5. West Edmonton Mall, Kanada



West Edmonton Mall yang terletak di Edmonton, Alberta Kanada merupakan pusat perbelanjaan terbesar dari tahun 1981 sampai 2004. Selain memiliki 800 toko, di dalamnya juga terdapat taman hiburan indoor terbesar di dunia, Waterpark dan istana es.



6. SM Megamall, Filipina



Dibuka sejak tahun 1991, SM Megamall adalah salah satu mal terbesar di Filipina yang memiliki kapasitas maksimal 4 juta orang. Terdiri dari dua bangunan utama. Gedung A terdapat bioskop, arena bowling dan arena permainan lainnya. Sedangkan di gedung B terdapat toko-toko ritel.



7. Berjaya Times Square, Malaysia



Terletak di Kuala Lumpur, pusat perbelanjaan ini memiliki 1.000 toko ritel, 65 gerai makanan dan taman hiburan indoor terbesar di Asia. Fasilitas mainan di sana terdiri dari roller coaster, ice skating, dan masih banyak lagi.



8. Beijing Mall, China



Mal ini memiliki kapasitas parkir hingga 8.000 mobil. Dengan luas 3,4 juta kaki persegi, destinasi belanja ini dibuka sejak tahun 2005. Menariknya, di dalam mal ini terdapat pantai buatan.



9. Zhengjia Plaza, China



Lokasi mal ini berada di Guangzhou, China. Dibuka sejak tahun 2005 yang lalu, pusat perbelanjaan ini memiliki luas area sekitar 3 juta meter persegi. Destinasi belanja ini telah dikenal sebagai mal yang mampu menarik lebih dari setengah juta pembeli pada hari-hari tertentu.



10. SM City North Edsa, Filipina



Dibuka sejak 1985, mal yang terletak di Quezon City, Filipina tersebut dibangun oleh Perdana SM Holdings. Terdiri dari lima lantai dengan lebih dari 100 gerai ritel dan restoran. Di sana juga terdapat 12 bioskop, arena bowling dan ice skating.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...