Laman

7 Fakta Menarik Seputar Kupu Kupu

Kupu Kupu yang terlihat cantik dan indah  ternyata memiliki beberapa fakta unik dan menarik yang mungkin kamu tidak tahu, nah kamu ingin tahu apa aja fakta unik dan menarik seputar kupu kupu simak 7 fakta menarik seputar kupu kupu berikut ini.
1. Kaki sebagai alat indera perasa
Kalau pada manusia alat indera perasa terletak pada Lidah dan sebagian besar hewan juga terletak pada Lidah. Tetapi tidak untuk serangga yang satu ini, kupu-kupu merasakan makanan lewat kakinya. Pada saat kupu-kupu makan dengan menghisap nektar/madu, yang memberi sinyal bisa dimakan atau tidaknya adalah kakinya. Kupu-kupu dapat merasakan rasa daun dengan kakinya ketika hinggap di dedaunan. Kupu-kupu mengecek apakah daun itu cukup lezat untuk dimakan ulat (anak-anaknya) kelak setelah menetas apa tidak.
2. Metamorfosis sempurna
Seperti yang sudah kita ketahui, kupu-kupu merupakan serangga holometabola yang mengalami metamorfosis sempurna. Dimana dimulai dari Telur → Ulat → Kepompong → Kupu-kupu.
3. Memiliki mata 12000
Mungkin sob kaget, apa benar kupu-kupu memiliki mata 12000 ? Ya,memang benar. Kupu-kupu memiliki 12000. Mata kupu-kupu disebut mata Majemuk, yaitu mata yang berbentuk seperti belahan bola yang membengkak pada bagian atas kepala.



4. Sayap yang indah

Kupu-kupu merupakan serangga yang bersayap sisik atau serangga yang masuk dalam ordo Lepidoptera. Sayap kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan, tetapi karena perbedaan kecerahan di setiap lapisan tipis sayapnya, sayap kupu-kupu menjadi terlihat bewarna-warni.
5. Mulut
Kupu-kupu memiliki mulut Probosis, yaitu mulut panjang yang digunakan untuk menghisap nektar/madu. Beberapa kupu-kupu ada yang tidak pernah makan karena tidak punya mulut. Kupu-kupu tersebut bertahan hidup hanya dengan energi yang dikumpulkan ketika menjadi kepompong.
6. Suhu tubuh
Kupu-kupu tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.
Kupu-kupu sanggup bermigrasi sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat(tropis) ketika musim dingin tiba dan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba.
7. Ukuran
Setelah menetas dari telur hingga menjadi kupu-kupu, ulat mengalami peningkatan besar tubuh sampai 27.000 kali. Ukuran kupu-kupu berkisar antara seperdelapan inchi sampai 12 inchi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...