Laman

Orang-orang yang Merasa Terjebak dengan Jenis Kelaminnya



Orang-orang yang Merasa Terjebak dengan Jenis Kelaminnya. Jenis kelamin merupakan identitas penting yang menentukan faktor biologis, psikologis dan sosial seseorang. Setiap orang dilahirkan dengan jenis kelamin laki-laki atau perempuan.



Namun ada beberapa orang yang merasa 'terjebak' dengan jenis kelaminnya sendiri, hingga memutuskan untuk berganti kelamin (transeksual). Transeksual adalah bentuk gangguan identitas jenis kelamin (dysphoria gender) yakni ketika seseorang yang memiliki anatomi seks normal tetapi ingin berganti jenis kelamin berlawanan dengan jenis kelamin ketika dilahirkan.



Berikut orang-orang yang memutuskan untuk mengganti jenis kelaminnya, seperti dirangkum detikHealth,



1. Dorce Gamalama



Dorce terlahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi dan berkelamin laki-laki. Namun ia merasa 'berbeda' dan seperti terperangkap di tubuh yang salah. Ia pun memutuskan menjalani operasi pergantian kelamin di Rumah Sakit Dr Soetomo pada tahun 1983.



Dalam buku biografinya 'Aku Perempuan: Jalan Berliku Seorang Dorce', penyanyi asal Sumatera Barat ini menuliskan, "Aku perempuan. Sungguh-sungguh perempuan. Tak lagi kutemukan bagian yang bukan diriku, yang dulu selalu terasa asing sebab tak punya arti apa-apa. Bagian itu sudah hilang."



2. Thomas Beatie



Beatie mendapat perhatian internasional karena menjadi salah satu laki-laki yang bisa hamil. Ia lahir dan menjalani hidupnya sebagai seorang perempuan hingga berusia pertengahan 20 tahun. Kemudian ia mulai melakukan terapi hormon laki-laki tapi tetap mempertahankan organ seks perempuan.



Kondisi ini membuat ia bisa hamil dan memiliki anak bersama pasangannya dengan menggunakan donor sperma. Saat ini Beatie sudah memiliki 3 orang anak dan mulai melakukan kembali terapi hormon laki-laki. Selengkapnya kisah Thomas Beatie disini



3. Jackie Green



Jackie Green merupakan transeksual termuda di dunia, karena sudah melakukan operasi kelamin dari laki-laki menjadi perempuan di usia 16 tahun. Pertama kali Jackie ingin operasi ganti kelamin saat usianya 6 tahun. Bahkan ia sudah 5 kali ingin melakukan bunuh diri dengan memotong kelaminnya sendiri.



Namun dokter belum memperbolehkan operasi kelamin pada anak semuda itu. Barulah di hari ulang tahunnya yang ke-16 tahun, ibunya menghadiahkan Jackie operasi ganti kelamin di Thailand.



4. Chaz Bono



Chaz Bono lahir sebagai Chastity Bono yang merupakan putri terkenal dari pasangan Sonny dan Cher. Di mata publik ia diketahui sebagai seorang lesbian saat berusia 25 tahun sebelum akhirnya ia menyadari adalah seorang transgender.



Chaz menjalani operasi penggantian jenis kelamin selama 2 tahun dan sekarang ia hidup bahagia sebagai seorang laki-laki. Ia pun menjadi salah satu kontestan dalam sebuah acara televisi terkenal, Dancing With The Stars.



5. Balian Buschbaum



Balian lahir pada tahun 1980 sebagai Yvonne Buschbaum dan seorang mantan atlet lompat tiang Jerman. Ia pernah menjadi atlet perempuan kedua terbaik di Jerman untuk cabang tersebut, tapi pada tahun 2007 ia menyatakan pensiun karena mengalami cedera persisten.



Selain itu ia juga menyatakan keinginannya untuk mulai melakukan terapi penggantian jenis kelamin. Pada tahun 2008 ia resmi mengganti nama dan menjalani operasi ganti kelamin menjadi seorang laki-laki.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...