Laman

Brasil Terapkan Kloning Untuk Satwa Terancam Punah

Brasil Terapkan Kloning Untuk Satwa Terancam Punah - Embrapa Cerrado (lembaga penelitian hewan di Brasil) kini sedang mengadakan proyek penyelamatan satwa terancam punah. Embrapa Cerrado menggandeng Brasilia Zoo yang merupakan kebun binatang Brasilia pemilik sejumlah satwa langka atau terancam punah.

Program penyelamatan hewan langka itu yakni dengan melakukan percobaan inseminasi buatan serta transplantasi embrio untuk beberapa spesies. Carlos Frederico Martins salah seorang peneliti dari Embrapa Cerrado, mengungkapkan bahwa para ilmuwan akan mencoba melakukan kloning dimulai dari spesies yang sangat terancam, atau hewan dengan jumlah populasi menyusut tajam.

Hewan yang termasuk kategori tersebut misalnya kijang endemik, jaguar, maupun rubah merah (Chrysocyon brachyurus). Setelah proses kloning, satwa terancam punah tersebut tidak akan dilepaskan secara liar lagi. Agar dapat dirawat secara khusus sehingga peluang untuk berkembangbiak menjadi lebih besar.

Carlos Frederico Martins juga menambahkan bahwa percobaan kloning ini memerlukan beberapa tahun ke depan. Para peneliti Brasil telah berhasil melakukan kloning sebelumnya, yakni seekor sapi kloningan yang terlahir pada Maret 2001 lalu.


Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...